Rabu, 10 Juli 2013

Cara Merubah Format Tanggal dan Jam pada Windows Mobile

Kalo jam segini kelihatannya para aspener lagi pada tarawih ni ya, nggak kayak ane yang ngenet mulu, hehehe. Bukan karena males, tapi keadaan yang tidak mendukung. Artikel yang ane tulis ini berawal saat ane mulai bosen ngeliat format tanggal di aspen yang cuma d/M/yy. Ane mulai berselancar ke dunia maya, pas ane ngeliat-liat screenshot windows mobile di google kok format tanggalnya beda. Nah berawal dari situ ane langsung googling sana-sini, nyari cara merubah format tanggal pada windows mobile ane.

Sebenernya ada beberapa cara untuk merubah format tanggal dan jam pada windows mobile. Ada yang harus ngedit file dari salah satu .NET compact frameworknya atau apalah yang ane gak ngerti sama sekali. Dan ada cara lagi yang cukup mudah bagi ane, yaitu dengan edit registry.

Langsung saja,

- Masuk registry pada windodws mobile menggunakan aplikasi untuk edi registry, terserah mau pake aplikasi apa.

- Masuk ke "HKEY_LOCAL_MACHINE\nls\overrides"

- Lalu buat value baru dengan code dibawah ini,
"IDate"=dword:00000001
"ITime"=dword:00000001
"SSDte"="dd MMM yyyy"
"STFmt"="HH:mm:ss"
"SLDte"="dddd, dd MMM yyyy"
"STime"=":"


- Untuk merubah fomat tanggal, yang harus diedit bagian "SSDte".
misal,
"SSDte"="dd MMM yyyy" = 16 Jan 2010
"SSDte"="dd MM yyyy" = 16 01 2010

"SSDte"="MMMM, dd" = January, 16

- Kalo buat ngerubah format jam bagian "STFmt" yang harus diedit.
misal,
"STFmt"="HH:mm:ss" = 17:45:10
"STFmt"="HH:mm" = 17:45
"STFmt"="HH.mm" = 17.45

Cukup sekian yang dapat saya jelaskan, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

ORIGINAL POST.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar